Proporsi dan Utilisasi VFA dalam Tubuh Sapi

SP_A0167 Sebelumnya, saya menjelaskan VFA (Volatile Fatty Acid) adalah produk dari metabolisme karbohidrat di dalam rumen yang dibantu oleh mikroba tertentu. Dan setidaknya ada empat jenis VFA, yaitu asetat, propionat, butirat dan laktat. Bagaimana proporsinya di dalam rumen?..Teori pada umumnya menyebutkan, proporsinya dalam setiap produksi VFA dalam rumen terdiri dari 55-70% asetat, 15-30% propionat, sisanya 5-15% berupa butirat dan laktat.
Menariknya, rasio jumlah asetat dan propionat di dalam rumen, adalah refleksi dari pola fermentasi yang terjadi di dalam rumen. Optimal tidaknya proses fermentasi, dilihat dari rasio asetat dan propionat (A:P) ini. Ada teori yang menyebutkan,  rasio optimalnya antara 1-2.2.
Pertanyaannya, golongan VFA mana yang dimanfaatkan atau di-utilisasi oleh ternak untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP?.. Apakah semua?..yang saya ketahui dan dapat dari beberapa literatur, yang di-utilisasi oleh ternak sapi hanya dua yaitu asam asetat dan asam propionat. Anda perhatikan ya gambar di bawah ini :
asetat propionat metabolik
Anda lihat, golongan VFA yang di-metabolisme-kan menjadi glukosa adalah propionat, artinya propionat-lah yang menjadi bintang utama dalam epsiode produksi energi dalam tubuh ternak.. Anda ingat? Glukosa adalah golongan karbohidrat monosakarida yang “paling siap” dirubah menjadi bentuk energi. Makin banyak propionat, maka makin banyak glukosa, dan makin banyak energi yang dihasilkan, dan seharusnya makin sehat dan produktif ternak anda.
Bagaimana dengan asetat?..Asetat juga di-metabolisme-kan menjadi energi, hanya jumlahnya masih lebih kecil dibandingkan dengan propionat. Selain itu, asetat juga akan di-konversi menjadi asam lemak untuk kebutuhan sintesa lemak (lipid) di dalam tubuh.
Dan bagaimana dengan butirat dan laktat?..Sejauh ini saya juga masih belum tahu persis digunakan untuk apa laktat dan butirat yang dihasilkan dalam rumen, mungkin anda ada yang lebih tahu dari saya?…Share ya jika ada informasinya :).
Bagaimana, jadi paham atau pusing nih? :), saya kira cukup segitu aja ya bahasan tentang proporsi dan utilisasi VFA dalam tubuh sapi. Sedikit aja dulu, kalau banyak-banyak, saya juga ikutan pusing, hehe..
Gambar : dokumen pribadi



                  

1 comments:

kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

Poskan Komentar