Melatih Sapi Makan Konsentrat

Pernah menemui atau punya sapi yang sulit mau makan pakanSP_A0071  konsentrat?..Kalau iya, saya mau sedikit share salah satu tips sederhana yang mungkin bisa membantu melatih sapi anda agar mau makan pakan konsentrat.
Pertama, siapkan sekitar 50 kg katul halus atau bisa juga wheat pollard. Alasan kenapa menggunakan salah satu bahan ini adalah bahan ini memiliki aroma khas yang menurut saya, bisa merangsang nafsu makan sapi. Mungkin karena aroma kandungan vitamin B di dalamnya.
Kedua, Untuk tahap pertama, masukkan sekitar 1-2 kg katul/wheat pollard ke dalam ember/tong dan dicampur dengan 3 liter air atau diperkirakan sampai 3/4 ember sampai terlihat katul/wheat pollard bercampur dengan air seperti minuman sereal. Tambahkan ke dalamnya sekitar 1 genggam garam kasar yang murah, bisa dibeli di pasar becek atau toko pupuk. Dan bisa juga ditambahkan mineral premix, untuk satu ekor cukup 20-25 gram.
Ketiga, berikan campuran katul/wheat pollard tadi ke sapi, pastikan sapi belum diberikan pakan lain, misalkan di pagi hari sebelum diberi rumput. Karena jika sudah diberi rumput/jerami, posisi sapi sudah kenyang sehingga lebih sulit jika distimulus dengan campuran katul ini.
Lakukan ketiga tahap tersebut sampai setiap kali pemberian, sapi menghabiskan larutan katul tersebut tanpa sisa, jumlahnya bisa ditingkatkan sampai 4 kg/pemberian/hari jika memang sapi sudah terlihat terbiasa. Pada saat meningkatkan jumlah pemberian campuran katul dan air ini, anda bisa mulai menyisipkan sekitar 1 kg konsentrat sampai seluruh katul tergantikan oleh konsentrat.
Berdasarkan pengalaman, dengan metode ini sapi akan terbiasa makan konsentrat dalam kurun waktu latihan 7-14 hari.
Selamat mencoba ^^

Gambar ilustrasi : dokumen pribadi

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...